Iklan

Inilah 5 Jenis Perawatan Kendaraan Alat Berat

Inilah 5 Jenis Perawatan Kendaraan Alat Berat
Penggunaan alat berat pada ketika proyek dilangsungkan dalam jangka masa-masa yang lama tentunya bakal membuat situasi alat itu menjadi tidak seprima atau semaksimal sebelumnya. Karenanya dibutuhkan perawatan yang mesti rutin dilaksanakan untuk menjaga situasi kendaraan berat yang digunakan. Berikut ini sejumlah bentuk perawatan yang dapat dilakukan guna menjaga situasi kendaraan berat yang dipakai yakni:

Preventive maintenance

Preventive maintenance atau perawatan preventif ialah perawatan alat berat yang dilaksanakan untuk mencegah bisa jadi terjadinya kehancuran atau ganggun pada mesin dan alat berat. Perawatan ini dilaksanakan tanpa menantikan adanya tanda-tanda kehancuran yang terjadi.

Periodic maintenance

Periodic maintenance atau perawatan rutin dilaksanakan setiap kali peralatan dipakai dalam jumlah jam operasi tertentu. Jumlah jam operasi ini cocok dengan jumlah masa-masa yang diperlihatkan alat yang menulis jam operasi pada alat tersebut.

Daily maintenance

Daily maintenance atau perawatan harian adalahbagian dari periodic maintenance. Perawatan ini dilaksanakan setiap hari sebelum alat digunakan. Perawatan ini bertujuan untuk memahami apakah suasana mesin berat tersebut pantas untuk diperasikan atau tidak. Perawatan harian ini meliputi:

Pemeriksaan oli sebelum mesin dihidupkan,
Pemeriksaaan air radiator,
Pemeriksaan bahan bakar,
Pemeriksaan faedah hidrolik,
Pemeriksaan baterai dan kabel-kabelnya,
Pemanasan pada mesin.

Overhaul maintenance

Overhaul maintenance ialah perawatan yang dilaksanakan untuk membalikkan performa mesin pulang ke situasi standar pabrik. Perawatan ini pun memberikan ‘usia kedua’ pada mesin dengan mengerjakan penggantian atau pemakaian ulang komponen yang cocok dengan petunjuk pemakaian komponen menurut keterangan dari standar pabrik. Overhaul ini dilaksanakan berbeda-beda untuk masing-masing mesin. Overhaul ini terbagi lagi menjadi sejumlah macam contohnya saja overhaul mesin (engine overhaul), transmission overhaul, general overhaul, dan final drive overhaul.

Condition Base Maintenance

Condition Base Maintenance adalah perawatan yang dilaksanakan sesuai dengan situasi mesin. CBM dilaksanakan hanya saat ada indikator kehancuran yang terjadi pada mesin, baik tersebut kerusakan berat atau ringan. Tujuan dari CBM ialah menemukan kerusakaan yang barangkali terjadi sampai-sampai perawatan dapat dilakukan ketika dibutuhkan, bukan sebelumnya.

Share This :