Iklan

Tips Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu
Tidak dapat disangkal, kegiatan berbelanja sekarang sudah bergeser dari mendatangi toko di mall menjadi online shopping. Ada banyak alasan kenapa online shopping lebih menguntungkan: pertama, dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja; kedua, banyak diskon; ketiga, paling praktis karena dapat memanfaatkan layanan internet lokasi tinggal atau koneksi internet guna bertransaksi.

Hanya saja, guna kalian yang ingin melakukan pembelian barang secara online, liat simak tips sebagai berikut dulu supaya tidak terjebak:

1. Pilih penjaja yang mendapat label trusted seller. Sering mendengar kata ini? Ya, dua kata ini adalahjenis kata yang tidak jarang ‘dijual’ oleh semua pemilik toko online guna menjadi identitas mereka di dunia maya. Inilah yang pertama kali wajib diperiksa untuk menilai apakah si penjual benar-benar terpercaya atau hanya akal-akalan guna menarik minat pembeli. Cara guna mengeceknya ialah dengan menyaksikan sepak terjang toko itu di dunia maya dan laksana apakah reputasinya. Kita pun melihat review dari semua pembeli yang sebelumnya pernah bertransaksi dengan mereka. Sebaiknya, pilih toko online yang telah mempunyai nama besar dan reputasi baik.

2. Cari tahu sistem jaminan dan pengembalian produknya. Apakah toko online itu memfasilitasi sistem jaminan dan pengembalian produk andai benda yang anda beli ternyata rusak? Periksa pun seperti apa jaminan yang ditawarkan, seperti jaminan toko ataukah jaminan dari produk. Ini urgen sebab anda tidak pernah tahu bagaimana situasi barang elektronik yang akan diantarkan kepada kita.

3. Untuk mengurangi penipuan, andai toko online itu mempunyai sistem pembayaran COD atau cash on demand, lebih baik pilih pembayaran tersebut saja. Sistem pembayaran COD memungkinkan kita guna mengecek situasi barang terlebih dahulu dan membayarnya saat kita telah yakin dengan kondisinya.

4. Sistem pengiriman. Jika memang tidak terdapat sistem COD dan barang akan diantarkan langsung pada kita, lihat lagi sistem pengirimannya. Banyak toko yang telah memfasilitasi sistem ekspedisi dengan ojek online yang memungkinkan kita guna menerima barang di hari yang sama. Namun demikian, andai tidak ada kemudahan ini dan barang bakal dikirim dengan memakai jasa logistic, pastikan bahwa barang anda dilengkapi dengan asuransi yang aman.

Share This :